Wednesday, June 15, 2011

6 Bagian Tubuh yang Perlu Di Lindungi Dari Sinar Matahari

Mengaplikasikan sunscreen setiap kali keluar dari rumah sudah menjadi kebiasaan Anda. Sayangnya, Anda hanya mengoleskannya pada tangan dan kaki. Anda melupakan bagian-bagian lain dari tubuh Anda yang harus dilindungi dari paparan sinar matahari. Dr Sandra Lee, ahli dermatologi bersertifikasi, sudah membuat daftar mengenai bagian tubuh yang wajib dilindungi dengansunscreen sebelum Anda mulai beraktivitas:

1. Kulit kepala
Memakai topi atau payung adalah cara terbaik untuk melindungi wajah dan kepala dari sinar matahari. Pasalnya, apabila kepala tidak terlindungi dengan baik, paparan sinar matahari bisa menyentuh kulit kepala. Pantulan sinar matahari langsung ke kulit kepala bisa menyebabkan Anda mengalami sakit kepala. Jika Anda kurang menyukai topi,headscarf, atau jarang membawa payung, coba semprotkansunscreen spray. Semprotkan pada jari-jari Anda, lalu pijat kulit kepala dengan lembut. Jangan lupa mengaplikasikan kembali sunscreen ini setiap beberapa jam jika Anda berada di luar sepanjang hari.

2. Bibir
Anda pasti bisa merasakan bahwa bibir hanya memiliki lapisan kulit yang sangat tipis dan lembut. Bibir terdiri atas tiga sampai lima lapisan sel, sedangkan kulit wajah Anda memiliki sekitar 16 lapisan. Selalu gunakan lipbalm, lipstik, atau lipgloss yang mengandung SPF untuk membuat bibir selalu lembab dan sehat. Seperti sunscreen, oleskan lipblam secara berulang setiap beberapa jam.

3.  Leher dan dada
Anda heran mengapa leher dan dada Anda menampakkan bintik hitam? Itulah yang terjadi apabila kulit pada bagian leher dan dada bagian atas yang sangat halus ini sering diabaikan. Ketika menggunakan pelembab, misalnya, Anda lupa mengaplikasikannya juga pada bagian leher. Nah, jika Anda sering memakai pakaian yang sedikit terbuka, seperti tank top, jangan lupa mengoleskan sunscreen pada area leher dan dada. Lupa mengaplikasikan sunscreen di area tersebut juga bisa mempercepat timbulnya keriput, lho!

4. Telinga
Seperti juga kulit leher, kulit pada telinga juga sangat lembut dan sensitif. Bagian atas dari telinga adalah yang paling terpapar oleh sinar matahari begitu Anda keluar dari rumah. Anda bisa mengoleskan sunscreen tipis-tipis ke bagian ini. Kalau tidak, kenakan saja topi yang lebar atau payung.

5.  Punggung tangan
Anda mengoleskan sunscreen ke seluruh tubuh menggunakan tangan, tetapi apakah Anda juga mengoleskannya pada punggung tangan? Sebab, kita terbiasa mencuci tangan seusai mengaplikasikan losion atau sunscreen, bukan? Maka, selalu aplikasikan ulang bahan ini ke punggung tangan. Anda tak hanya akan mencegah area tersebut terbakar oleh sinar matahari, tetapi juga menghambat sinar UVB/UVA yang bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit.

6. Kaki
Setelah repot melakukan pedicure dan memulas cat kuku, kaki Anda pun terlihat begitu cantik. Akan tetapi, Anda lupa mengaplikasikan sunscreen pada bagian punggung kaki dan bagian sampingnya. Wah, jangan kaget apabila kaki Anda belang-belang ketika mengenakan sepatu bertali atau sandal jepit. Kaki Anda tidak cantik lagi, deh.
 
Sumber :

No comments:

Post a Comment