Wednesday, June 15, 2011

Facebook Mulai Kehilangan Daya Tarik, Inilah Alasannya


Situs pertemanan sosial terbesar dunia maya, Facebook, telah dilaporkan mengalami kehilangan pengguna yang cukup lumayan Mei lalu. 

Kini jumlah pengguna Facebook mencapai 700 juta dollar AS dengan IPO yang diperkirakan sekitar 100 miliar dollar AS. Walaupun demikian, akhir-akhir ini, Facebook mulai kehilangan usernya di beberapa negara.

Contohnya facebook telah kehilangan 1,52 juta pengguna di Kanada, 6 juta pengguna di AS dan ratusan ribu dari Rusia, Inggris, dan Norwegia. Namun, Facebook masih bisa menambah 11,8 juta pengguna bulan lalu dari berbagai negara.

Inilah alasan mengapa facebook kehilangan daya tariknya....

*User mulai lelah dengan Facebook
"Saya pikir orang-orang mulai menghapus Facebook karena terlalu lelah," kata Lindsay Mannering dalam tulisannya di The Stir. Bahkan Bill Gates, yang juga investor dan teman Mark berhenti dari Facebook karena terlalu banyak teman. "Ini sudah tak bisa lagi di-handle," kata Lindsay.

*Facebook membuat pertemanan yang sangat banyak
Mark Zuckerberg sudah mencapai titik di mana dirinya sudah berhasil membuat banyak orang menggunakan Facebook. Di AS, jumlahnya sudah mencapai setengah populasi di negara itu. Tetapi, Mark baru bisa mencapai satu miliar user jika berhasil meraih user di China yang sangat terkenal mengenai hal penyensoran.

*Situs pertemanan lain kini sedang meroket
Beberapa situs lain seperti LinkedIn, Twitter, dan microblogging kini mendapatkan sebuah posisi yang sangat penting terutama di AS, Kanada, dan Inggris. Demikian disampaikan Robin Wauters dari TechCrunch.

*Perubahan ini hanya bersifat sementara
"Ini sebuah perubahan yang terjadi setiap saat, masa pendek, dan memberikan pengaruh dari bulan ke bulan," kata Eric Eldon dari Inside Facebook. Jangka pendek tidak masalah, yang penting adalah jangka panjang.

Sumber :

No comments:

Post a Comment