Monday, June 13, 2011

Senjata-senjata Berbahaya Pada Zaman Dahulu

Senjata adalah salah alat untuk membantu dalam sebuah penyerangan dan pertahanan, dalam sebuah pertempuran fisik. Selain strategi yang jitu sangatlah mutlak untuk memiliki senjata-senjata yang mematikan secara efektif dan efisien. Berikut adalah daftar senjata brutal yang digunakan pada peperangan masa lalu:

1. Knobkerrie
Benda ini merujuk pada tongkat yang berujung tumpul. Biasanya berupa bulatan kayu atapun logam, knobkerrie digunakan dengan cara dipukulkan ke bagian hidung ataupun pangkal paha pada jarak yang cukup dekat. Tipe senjata ini telah digunakan pada berbagai kegiatan dan peristiwa, namun secara inovasi, tongkat ini digunakan oleh suku-suku asli di Afrika sebagai alat pertahanan diri. Alat ini masih digunakan hingga sekarang dan menjadi inspirasi modifikasi pisau buru yang memiliki ujung bulat diujungnya.


2. Caltrop
Dikenal sebagai senjata yang digunakan oleh pasukan ninja (di film), caltrop adalah benda yang memiliki bagian-bagian yang tajam, dirancang untuk dijatuhkan saat dikejar oleh musuh, shingga kaki mereka terluka cukup parah, dan dapat juga dijadikan sebagai perangkap/ranjau. Ide dasar dari pembuatan senjata ini adalah untuk melumpuhkan pergerakan musuh dengan cara yang menyakitkan.


3. Morning Star
Senjata ini berbentuk menyerupai bunga pala dengan duri dan pisau yang terbuat dari logam, juga dipadukan dengan tongkat kayu ataupun logam sebagai alat pegang.  Morning star ini banyak digunakan oleh infantri ataupun kavaleri, seperti pada zaman pertengahan.  Metode utama untuk menggunakannya adalah dengan mengayunkannya kearah musuh, terutama bagian wajah ataupun kepala, bisa juga kaki dan lutut. Morning ini memiliki beragam variasi bentuk pada zaman setelahnya,  seperti menggunakan bola duri tersebut dengan rantai besi yang panjang


4. Chakram (Cakram)
Sering pula diidentikasikan sebagai glaive (pedang), yang juga memiliki kesamaan dengan tombak, chakram adalah semacam piringan bintang tajam (shuriken). Juga dikenal sebagai gelang perang, alat yang biasa digunakan oleh suku india asli dan berbentuk piringan besar yang tajam disekelingnya. Chakram digunakan dengan cara dilemparkan, bentuk lain dari chakram adalah chakkar. Chakkar digunakan oleh para ksatria sikh, jarak mematikan kedua senjata ini adalah 100 meter.


5. War Scythe (Pedang Sabit, arit)
Diadaptasikan dari alat pertanian, senjata sabit ini dirubah kemudian mejadi sebuah pedang dengan ujung melengkung. Pedang sabit ini digunakan dengan cara diayunkan untuk merobek, menusuk, dan  mengeluarkan isi tubuh musuh. Memiliki kemampuan menembus helm logam, bahkan buatan versi militer membuat bagian sabitnya tumpul, artinya musuh yang terkena sabitan akan mati menderita. (**)

No comments:

Post a Comment